Sabtu, 17 September 2011

Bisnis Internasional

Tugas 19 Soal :
1. Jelaskan yang dimaksud dengan bisnis!
Bisnis ialah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatka laba dengan memproduksi dan menjual barang dan/atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. (Mahmud Machfoedz, 2007 : 1)
Bisnis dalam arti luas adalah suatu istilah umum yang menggambarkan semua aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari – hari. (Amirullah Imam Hardjanto, 2005 : 2)
Contoh : Bisnis Laundry Simply Fresh adalah salah satu usaha bisnis jasa yaitu tempat cuci pakaian kiloan.

2. Sebutkan tujuan daripada bisnis!
Setiap perusahan berusaha mengelola bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen. Produk dapat berupa barang dan/atau jasa. Tujuan perusahaan membuat produk adalah untuk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen. (Mahmud Machfoedz, 2007 : 2)
3. Jelaskan yang dimaksud dengan lingkungan bisnis!
Lingkungan Perusahaan (Business Environment) dapat diartikan sebagai kekuatan – kekuatan yang mempengaruhi,baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja perusahaan. (Amirullah Imam Hardjanto, 2005 : 19)
4. Jelaskan jenis – jenis lingkungan bisnis!
Porter (1980) mengemukakan bahwa lingkungan bisnis dibagi menjadi dua kategori atau dua jenis, yaitu :
a. Lingkungan Eksternal terbagi menjadi dua kategori, yaitu lingkungan umum dan lingkungan industri.
o Lingkungan umum meliputi faktor – faktor politik, ekonomi, sosial dan teknologi.
o Lingkungan industri meliputi aspek – aspek yang terdapat dalam konsep strategi bersaing (competitive strategy) yang meliputi aspek hambatan masuk, aspek daya tawar pemasok, aspek daya tarik pembeli, aspek ketersediaan barang substitusi dan aspek persaingan dalam industri.
b. Lingkungan Internal merupakan aspek – aspek yang ada di dalam perusahaan. Aspek internal perusahaan meliputi aspek keuangan, SDM, pemasaran, operasional dan aspek perusahaan.
Lingkungan bisnis tersebut dapat mempengaruhi seluruh aspek bisnis baik pada tingkat perusahaan maupun individual. (Amirullah Imam Hardjanto, 2005 : 20)
5. Jelaskan pengaruh bisnis terhadap perusahaan!
Pengaruh lingkungan bisnis terhadap perusahaan yaitu dapat memberikan pengaruh negatif atau positif, tentu akan mempengaruhi kinerja perusahaan dalam menghasilkan laba. perusahaan dituntut untuk selalu dapat mengamati apa yang terjadi di lingkungan dan menantisipasi ataupun bereaksi agar dapat mendukung kelancaran aktivitas bisnisnya.
6. Jelaskan pengertian manajemen!
Manajemen adalah proses pengoordinasian sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan untuk mencapai tujuan. (Mahmud Machfoedz, 2007 : 137)
Menurut James AF Stoner Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha – usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya lainnya yang ada dalam organisasi guna mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.
7. Jelaskan pengertian organisasi!
Organiasasi ialah sebuah kelompok yang terdiri dari dua atau lebih orang yang bekerja bersama – sama dalam suatu bentuk yang ditetapkan untuk mencapai sejumlah tujuan. (Mahmud Machfoedz, 2007 : 146)
Contoh : Struktur Organisasi BKPPMD Jawa Barat

8. Jelaskan pengertian manajemen pemasaran!
Menurut Philip Kotler Manajemen Pemasaran adalah perangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mengejar tujuan pemasarannya.
9. Sebutkan tugas seorang manajemen pemasaran!
Manajer pemasaran perusahaan bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan seluruh kegiatan bauran pemasaran yang yang menghasilkan perpindahan barang atau jasa kepada konsumennya. (Griffin, 2007 : 280)
10. Jelaskan yang dimaksud manajemen keuangan!
Manajemen Keuangan adalah seni dan ilmu tentang pengelolaan uang perusahaan untuk mencapai tujuannya. (Mahmud Machfoedz, 2007 : 241)
11. Sebutkan peran seorang manajemen keuangan!
Peran seorang manajemen keuangan ialah : (Mahmud Machfoedz, 2007 : 246)
• Perencanaan Keuangan
Manajer keuangan menyajikan rencana keuangan yang menentukan semua aturan permainan perusahaan untuk meningkatkan nilai perusahaan.
• Investasi (Penggunaan Uang)
Manajer keuangan menginvestasikan dana perusahaan dalam berbagai proyek dan surat berharga yang memberikan laba besar.
• Pembiayaan
Manajer keuangan meningkatkan pembayaran operasi perusahaan dan investasi.
12. Jelaskan yang dimaksud manajemen operasi!
Manajemen operasi adalah membuat keputusan – keputusan penting untuk mengubah sumber menjadi hasil yang dapat dijual.
(Dr. Basu Swastha DH., SE., MBA , 281)
13. Sebutkan peran seorang manajemen operasi!
Peran atau tugas utama dari bagian produksi dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan perusahaan secara umum adalah berusaha mencapai biaya produksi yang rendah, mutu produk yang tinggi, tanggapan yang cepat atas permintaan, dan fleksibilitas untuk membuat beragam barang sesuai dengan selesra dan spesifikasi pelanggan (Amirullah, 2002). (Amirullah Imam Hardjanto, 2005 : 195)
14. Jelaskan yang dimaksud manajemen sumber daya manusia!
Manajemen Sumber Daya Manusia dapat diartikan sebagai proses penggajian, pengembangan, motivasi, dan evaluasi karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. (Mahmud Machfoedz, 2007 : 201)
Contoh : Open Requitment
15. Sebutkan peran seorang manajemen sumber daya manusia!
Peran seorang manajemen sumber daya manusia : (Mahmud Machfoedz, 2007 : 204)
• Sebagai Perekrutan karyawan ialah proses penarikan pelamar pekerjaan yang memenuhi kualifikasi.
• Proses seleksi dilakukan untuk memilih pelamar yang memiliki kualifikasi sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.
• Orientasi Karyawan ialah proses pengenalan karyawan baru dengan perusahaan.
16. Jelaskan yang dimaksud Etika Bisnis!
Etika Bisnis dapat diartikan sebagai pengetahuan tentang tata cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma dan moralitas yang berlaku secara universal dan secara ekonomi/sosial, dan pengetrapan norma dan moralitas ini menunjang maksud dan tujuan kegiatan bisnis (Muslich, 1998 : 4).
(Amirullah Imam Hardjanto, 2005 : 37)
17. Jelaskan yang dimaksud tanggung jawab perusahaan!
Ada beberapa yang harus dipertanggung jawabkan oleh perusahaan, yaitu :
a. Tanggung jawab kepada pelanggan
Tanggung jawab kepada pelanggan jauh lebih luas daripada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produk.
b. Tanggung jawab kepada karyawan
o Rasa aman pada karyawan
o Perlakuan layak oleh karyawan lain
o Kesempatan yang sama
c. Tanggung jawab kepada pemegang saham
o Tanggung jawab untuk memuaskan pemilik (pemegang saham)
o Cara perusahaan meyakinkan tanggung jawab kepada manajer perusahaan memonitor dan gaji karyawan
d. Tanggung jawab kepada kreditor
Jika perusahaan mengalami masalah keuangan dan tidak dapat memenuhi kewajibannya, harus memberitahu kepada para kreditor.
e. Tanggung jawab pada lingkungan
Proses produksi yang digunakan perusahaan juga produksi yang dihasilkan dapat mencemari atau merusak lingkungan misalnya polusi udara yang berbahaya bagi masyarakat dan polusi tanah akibar sampah/limbah beracun yang mengakibatkan tanah tidak atraktif dan tidak berguna untuk keperluan lainnya misalnya pertanian.
f. Tanggung jawab kepada komunitas
Perusahaan menunjukkan kepeduliannya kepada komunitas dengan mensponsori event lokal/memberi donasi kepada kelompok sosial lokal.
g. Tanggung jawab bisnis dalam lingkungan Internasional
o Apabila perusahaan bersaing dalam lingkungan Bisnis Internasional, mereka harus tanggap akan perbedaan budaya.
o Perusahaan cenderung menyesuaikan dengan etika dan tanggung jawab bisnis dalam kerangka internasional, sehingga mereka dapat membangun reputasi global untuk menjalankan roda bisnis dengan cara etis.
18. Jelaskan pengaruh teknologi terhadap bisnis!
Pengaruh teknologi terhadap bisnis banyak digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan di bidang operasional internal (seperti akuntansi, pengelolaan arus informasi, penciptaan laporan kegiatan, dan lain – lain). Teknologi juga membantu menyiapkan hubungan lebih baik dengan berbagai konstitusi eksternal, seperti pemasok dan pelanggan. (Griffin, 2007 : 40)
19. Jelaskan yang dimaksud lingkungan global!
Lingjkungan global adalah seluruh pelaku dan kekuatan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan kegiatan guna mencapai tujuan perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar