Sabtu, 12 November 2011

BAB I PENDAHULUAN


1. Globalisasi : merupakan pergeseran perekonomian yang terintegrasi dan saling  bergantung diseluruh dunia.

2. Dua Komponen globalisasi ciri-cirinya murah
ü  Globalisasi Pasar : Perusahaan menawarkan produk standard keseluruh dunia guna menciptakanpasar dunia. 
ü  Globalisasi Produksi : Mengacu pada sumber barang dan jasa dari lokasi diseluruh dunia untuk mengambil keuntungan dan perbedaan dalam biaya atau kualitas dari faktor-faktor produksi yaitu : Buruh, Tanah , dan Modal .

3. Bisnis internasional :
·         all business transactions that involve two or more countries.
·         transaksi bisnis diantara lebih dari dua negara , yang melibatkan pihak-pihak individu perorangan, individu perusahaan, kelompok perusahaan atau agen-agen internasional.

4. Mengapa Perusahaan Terlibat dalam Bisnis Internasional
a.    Untuk Perluas
b.    Memperoleh Sumber: produk, jasa, teknologi, dan informasi
c.    Diversifikasi Sumber Penjualan dan Perlengkapan
d.    Minimalkan Risiko kompetitif

5. Alasan untuk Pertumbuhan Bisnis terbaru Internasional
a.    Perluasan Teknologi: transportasi, telekomunikasi.
b.    Liberalisasi Cross-Border Gerakan: barang, jasa, tenaga kerja, Modal
c.    Pendukung Pengembangan Pengaturan Kelembagaan
d.    Peningkatan Persaingan Global: produk baru menjadi global,
e.    Globalisasi produksi

6. Mode Bisnis Internasional
a.    Ekspor dan Impor Merchandise: tak terlihat dan invisibles
b.    Kinerja Layanan: biaya, operasi turnkey; Kontrak manajemen
c.    Penggunaan Aset: perjanjian lisensi, royalti, waralaba
d.    Investasi

7. Pengaruh Eksternal pada Bisnis Internasional
ü  Memahami Manajer Fisik dan Sosial Lingkungan
ü  Hidup Perusahaan membutuhkanpengetahuan tentang operasi bisnis, Pengetahuan kerja ilmu politik, hukum,anthropoly, sosiologi, ekonomi, dan geografi.

8. Evolusi Strategi dalam Proses Internasionalisasi
a.    Pola Ekspansi: pasif; eksternaluntuk penanganan internal perusahaan; 
terbatas pada mode operasi yang luas
b.    Memperdalam modus Komitmen
c.    Diversifikasi Geografis (latar belakang budaya yang sama)
d.    Lompatan Ekspansi: perusahaan mulai dengan fokus global.

9. Munculnya Lembaga global :
Globalisasi telah menciptakan kebutuhan institusi untuk membantu mengelola , mengatur , dan posisi pasar global .
·       GAT
·       WTO
·       IMF
·       Bank Dunia
·       PBB

10. Makro faktor yang mendasari kecenderungan globalisasi yang lebih besar :
Penurunan hambatan perdagangan, dan Perubahan teknologi

11. Mengubah Demografi Ekonomi Dunia
ü  Dunia output dan perdagangan
ü  Mengubah investasi asing langsung
ü  Mengubah sifat perusahaan multinasional : Mini perusahaan multinasional, Perusahaan multinasional non AS

12. Globalisasi Debat-Pro
ü  Turunkan harga barang dan jasa
ü  Stimulasi Pertumbuhan Ekonomi
ü  Kenaikan pendapatan konsumen
ü  menciptakan pekerjaan
ü  Negara-negara mengkhususkan diri dalam produksi barang dan jasa yang diproduksi paling efisien

13. Globalisasi Debat-Kontra
ü  Menghancurkan pekerjaan manufaktur di kaya, negara-negara maju
ü  Tingkat upah pekerja tidak terampil di negara-negara maju menurun
ü  Perusahaan bergerak ke negara-negara dengan tenaga kerja lebih sedikit dan peraturan lingkungan
ü  Hilangnya kedaulatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar